Pengertian Anti Lock Brake System atau ABS

Anti Lock Brake System atau ABSmembantu untuk mempertahankan kontrol dan stabilitas arah sebuah mobil dalam kasus situasi pengereman ekstrim. Hal ini dicapai dengan mengendalikan kecepatan rotasi roda dengan mengatur tekanan rem secara otomotis pada saat pengereman ekstrim. Sistem ini bekerja pada sebagian besar jenis permukaan jalan dan mengurangi resiko kecelakaan dan tingkat keparahan dampak.



Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem rem anti penguncian dapat menurunkan kemungkinan kecelakaan kendaraan sebesar 18%. ABS sistem rem diperkenalkan pada akhir tahun tujuh puluhan dan telah menikmati kemajuan teknologi besar sejak saat itu.


ABS tidak hanya  memberikan fungsi non-selip  tetapi juga mendukung kontrol stabilitas elektronik,  kontrol traksi, dll Baru-baru ini, sensor tambahan telah ditambahkan ke sistem, sensor gyroscopic dan sensor sudut kemudi. Kedua menyinkronkan untuk mencocokkan arah mobil dengan arah kemudi. Sensor sudut roda juga membantu sistem ABS mengontrol roda luar untuk memiliki efek pengereman yang lebih positif .

ABS terdiri dari unit elektronik pusat, empat katup solenoid dan dua atau lebih pompa hidrolik listrik. Fungsi dari pompa hidrolik listrik untuk memasok tekanan minyak rem ke sistem pengereman. Empat katup solenoida mengontrol tekanan fluida setiap roda. Ketika terjadi penegereman mendadak, satu atau lebih dari katup solenoid melakukan pembuangan tekanan rem sehingga memungkinkan roda untuk sedikit berputar sehingga roda tidak terkunci.

Ada beberapa jenis sistem ABS, beberapa model yang paling populer adalah didasarkan dari Bosch Actuator ABS (BAA), Nippon Denso ABS-Actuator (AAN) sistem. Desain dasar dan perakitan adalah sama, sistem Nippon Denso-memiliki solenoida relay paket terpisah dan ABS komputer, dimana dalam sistem Bosch kedua komponen digabungkan. Juga, ada koneksi langsung antara sensor kecepatan roda dan ECU (engine control unit), sistem ini dihubungkan oleh bus DAPAT (Controller Area Network), sistem ini berkomunikasi dengan mengirimkan beberapa sinyal untuk beberapa perangkat pada waktu tertentu.

Setiap roda memiliki sensor kecepatan roda  khusus yang mengirimkan sinyal elektronik ke controller ABS, dari sinyal ini kecepatan rotasi roda dapat ditentukan. Lokasi dari sensor kecepatan roda dapat bervariasi, pada umumnya  sensor roda  depan diletakkan di steering knukle , dekat hub roda depan  terhubung dengan CV joint. Di bagian roda  belakang  cincin sensor dibaut ke poros flens luar pada setiap sisi. Beberapa bahkan menggunakan sensor speedometer kendaraan VSS (sensor kecepatan kendaraan) untuk membaca kecepatan roda belakang.

Sistem rem saat ini adalah handal dan mudah perawatannya, kebanyakan sistem yang dirancang untuk service yang mudah. Jika pedal rem menjadi sulit ditekan, ada kemungkinan jalur suplai vakum rusak atau booster rem kurang kuat. Hal ini juga sangat penting untuk menggunakan jenis yang tepat dari cairan rem, jika tidak sistem rem dapat rusak. Hanya cairan rem kualitas tertinggi harus digunakan dalam sistem rem ini.Ketika menambahkan minyak rem ke master silinder pastikan minyak rem tidak tumpah pada cat mobil, minyak rem sangat korosif dan akan menghancurkan cat.



Back To Top