.

Pengertian Gerbang Logika


Pengertian Gerbang Logika  - Elektronik digital atau atau rangkaian digital apapun tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika.  
 Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan ouput yang tunggal.  Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip-prinsip aljabar boolean. 



 Dalam pengertian elektronik, input dan output ini diwujudkan dan voltase atau arus (tergantung dari tipe elektronik yang digunakan).
Setiap gerbang logika membutuhkan daya yang digunakan sebagai sumber dan tempat buangan dari arus untuk memperoleh voltase yang sesuai.  Pada diagram rangkaian logika, biasanya daya tidak dicantumkan. Dalam aplikasinya, gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik.  Gerbang logika ini dibuat dengan menggunakan transistor.  Seberapa banyak transistor yang dibutuhkan, tergantung dari bentuk gerbang logika.  Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table).  Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran yaitu AND, OR, dan NOT.  Berikut adalah tabel-tabel dan bentuk gerbang logikanya. 



- Pada AND, bila ada dua input A dan B maka output atau signal hanya dihasilkan jika A = 1 dan B = 1.

-Pada OR, bila ada dua buah input A dan B maka output atau signal akan dihasilkan jika salah satu atau kedua input bernilai 1

-Pada NOT, bila ada satu input mempunyai nilai tertentu maka operasi NOT akan menghasilkan output / signal yang merupakan kebalikan dari nilai inputnya.



Blog "Berbagi Informasi Dan Pengetahuan" adalah blog pribadi yang sekedar berbagi informasi kepada pengunjung, Mohon maaf apabila sebagian konten seperti foto dan beberapa tulisan yang berasal dari situs lain, jika ada yg merasa kurang berkenan silahkan kirimkan email.
bersikaplah dewasa dalam dunia maya, silahkan juga kunjungi Privacy Policy blog ini.