.

Pengertian Alat Kerja Kikir


Pekerjaan mengikir adalah kerja bangku yang  belum dapat tergantikan oleh mesin, dengan kikir bisa membentuk atau hanya menghaluskan bagian tertentu dari benda kerja. 


 kikir 

Kikir terdiri dari bilah kikir sebagai permukaan untuk mengikis benda kerja dipasangkan dengan gagang/handle dari kayu atau plastik. Bilah kikir mempunyai bentuk dan ukuran berbeda disesuaikan dengan bentuk benda yang dikerjakan, begitu pula dengan kekasaran permukaan kikisnya. Ukuranya dinyatakan dalam angka yang menunjukan ukuran panjang dalam inchi. Ukuran yang umum 6”,8”,10”,12” dan 14”.  
Alur permukaan pada kikir mempunyai dua jenis yaitu single cut yang mempunyai satu alur saja pada pemukaan kikis nya dan yang paling banyak dipakai adalah alur double cut yang mempunyai dua alur yang saling menyilang.
Terdiri dari bermacam bentuk dasar bilah :
  • ·         Kikir plat berbentuk rata dan lebar di kedua permukaan, untuk mengikir benda yang permukaanya lebar dan rata.
  • ·         Kikir bilah persegi untuk mengikir sudut siku
  • ·         Kikir bilah bulat untuk mengikir lubang berbentuk bulat pada benda kerja.
  • ·         Kikir bilah segi tiga untuk mengikir lubang bersudut pada benda kerja
  • ·         Kikir jarum berfungsi untuk mengikir benda kerja yang kecil atau lubang-lubang sempit
  • ·         Kikir bodi digunakan untuk mengikir pada pekerjaan bodi misalnya meratakan permukaan dempul dan sebagainya, kikir bodi mempunyai rangka yang dapat disetel melengkung atau rata sesuai permukaan yang akan dikerjakan. 
Cara penggunaan kikir body dengan menggunakan dua tangan, langkah pengikisan saat kikir bergerak maju




Blog "Berbagi Informasi Dan Pengetahuan" adalah blog pribadi yang sekedar berbagi informasi kepada pengunjung, Mohon maaf apabila sebagian konten seperti foto dan beberapa tulisan yang berasal dari situs lain, jika ada yg merasa kurang berkenan silahkan kirimkan email.
bersikaplah dewasa dalam dunia maya, silahkan juga kunjungi Privacy Policy blog ini.