Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi menguraikan layout actual dari perangkat keras jaringan sedangkan topologi juga menguraikan perilaku computer pada jaringan dari sudut pandang operator, dalam hal ini manusianya yaitu topologi fisik.

Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star),Bus, Tree, dan Cincin(Ring). Istilah dari topologi jaringan mengacu pada organisasi spasial perangkat jaringan, pengkabelan jaringan (Physical Routing) dan aliran paket data dari satu titk koneksi ke titik koneksi yang lain.
Titik koneksi jaringan dapat berupa perangkat seperti sistem komputer, printer atau router yang dihubung-kan ke jaringan yang dapat mengirim dan menerima paket data. Secara garis besar, teknologi transmisi dibedakan menjadi dua yaitu transmisi point-to-point dan transmisi dengan hubungan share. Jaringan komputer yang menggunakan hubungan secara point-to-point terdiri dari sejumlah pasangan komputer yang ada pada jaringan komputer yang apabila paket data yang dikirimkan dari sumber ke tujuan akan melewati koputer yang menjadi perantara yang berakibat rute dan jaraknya menjadi berbeda beda dan membutuhkan beberapa jalur transmisi jika jumlah titik koneksi dalam jumlah besar.  

Topologi secara fisik yang biasa digunakan dalam membagun suatu jaringan komputer adalah :
1. Topologi Bus (Bus Topology), Menggunakan satu segment (panjang kabel) backbone, yaitu yang menyambungkan semua host secara langsung. 





2. Topologi Ring (Ring Topology), Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Secara fisik jaringan ini berbentuk ring (lingkaran).
3. Topologi Star (Star Topology), Menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch. 


4. Topologi Extended Star (Extended Star Topology), Merupakan perkembangan dari topologi star. Memiliki beberapa titik yang terhubung ke satu titik utama.
5. Topologi Hirarki (Hierarchical Topology), dibuat mirip dengan topologi extended star. Sistem dihubungkan kekomputer yang mengendalikan trafik pada topologi. 

6. Topologi Mesh (Mesh Topology), Menghubungkan satu titik ke titik yang lainnya. Kondisinya di mana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolut antar node komputer.


7. Topologi Peer-to-peer Network Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama A dapat memakai program yang dipasang di komputer B, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

8. Topologi Pohon , Pada jaringan Topologi pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 ke komputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node -6 sebelum berakhir pada node-7.

Back To Top