Sistem Telepon Nirkabel untuk Rumah

Sistem Telepon Nirkabel untuk Rumah atau Telepon tanpa kabel (cordless telephone) yang  banyak digunakan di rumah merupakan komunikasi jenis full-duplex. Untuk menghubungkan pesawat genggamnya dengan pesawat induknya, saluran transmisinya melalui udara, dengan modulasi sinyal secara FM.  Sementara itu pesawat induknya  dihubungkan ke jalur telepon kabel dengan nomor telepon yang telah dite-tapkan oleh perusahaanlayanan telepon untuk masyarakat umum atau yang dikenal dengan Public Switched Telephone Network (PSTN) yang di  Indonesia  


Sekarang ini adalah PT TELKOM.  Telepon nirkabel generasi pertama yang dibuat tahun 80an, pesawat genggamnya hanya mampu bekerja dengan pesawat induknya dalam jarak beberapa puluh meter saja. karena pada awalnya dimak-sudkan hanya sebagai  ekstensi bagi sebuah pesawat pengirim dan penerima (transceiver), yang dihubungkan ke jalur kawat pelanggan telepon dari sebuah PSTN yang umumnya  di pakai dalam lingkungan rumah tangga. 

Untuk menambah jangkauannya,  pesawat induk generasi kedua sudah dapat  mencakup  wilayah sampai beberapa ratus meter. Dengan demikian,  telepon nirkabel generasi kedua ini sudah  memungkinkan para pelanggannya menggunakan pesawat genggam di luar rumah, di wilayah padat di kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan sebagainya. Telepon nirkabel modern ada yang  sudah dilengkapi dengan fasilitas penerima pesan panggil (pager).
Back To Top