Teknologi DTS-i (Dual Twin Spark-ignition) adalah merupakan suatu teknologi pada mesin yang dikembangkan secara khusus dan eksklusif oleh Bajaj Auto dan telah dipatenkan. Teknologi DTS-i adalah teknologi pada engine yang mempunyai ruang pembakaran menggunakan sistem pengapian Busi Ganda (DTS) dan diatur dgn CDI digital (ignition), DTS-I dapat mengatasi masalah pembakaran yang lambat (umumnya terjadi pada engine busi tunggal).
Kepala silinder pada engine DTS-I dilengkapi dengan dua busi, sebagai ganti busi tunggal konvensional dengan membangkitkan dua busi pada tiap ujung dari ruang pembakaran, (sekitar 90 derajat terhadap sumbu katup) .lalu campuran Udara dan Bahan Bakar terbakar dengan dipicu oleh CDI diteruskan ke koil dan dua percikan api busi sehingga proses pembakaran dalam ruang bakar akan berlangsung lebih cepat,
ditambah dngn Torque Expansion Chamber (TEC) sehingga hasil yang pasti adalah torsi yang lebih besar, lalu efisiensi bahan bakar yang lebih baik / irit dan emisi gas buang yang lebih rendah.
ditambah dngn Torque Expansion Chamber (TEC) sehingga hasil yang pasti adalah torsi yang lebih besar, lalu efisiensi bahan bakar yang lebih baik / irit dan emisi gas buang yang lebih rendah.
Secara singkat cara kerja teknologi DTS-I adalah ketika Throttle gas dibuka sensor TRICS III (Throttle Response Ignition Control System) Fungsi dari TRICS adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi throttle guna mendapatkan power dan performa yang optimal. Microprocessor pada sistem pengapian digital / CDI terus merasakan perbedaan kecepatan dan beban pada mesin kemudian merespon dengan merubah timming pengapian ( waktu pengapian dan lama pengapian ) lalu campuran Udara dan Bahan Bakar dari karburator masuk ke ruang bakar, terbakar dengan dipicu oleh dua percikan api busi sehingga proses pembakaran dalam ruang bakar akan berlangsung lebih cepat.
Macam-macam Teknologi DTS ( Dual Twin Spark ) lainya
Teknologi Dual Twin Spark dibagi 3 tipe yaitu :
- DTS-I (Digital Twin Spark Ignition) Teknologi DTS pada dasarnya, yaitu pembakaran dengan 2 busi yang di atur secara digital.
- DTS-Si (Digital Twin Spark Swirl Induction) Varian Teknologi DTS di mana sistem pengisian dan pencampuran bahan bakar di ruang bakar mesin dibuat agar bercampur secara berputar (Swirl). hingga pencampuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar lebih sempurna, guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.
- DTS-Fi (Digital Twin Spark Fuel Injection) Varian Teknologi DTS di mana sistem asupan bahan bakar pada ruang bakar mesin menggunakan sistem injeksi, guna meningkatkan tenaga pada mesin.
Bajaj Pulsar Teknologi DTS-i (Digital Twin Spark Ignition) pertama di dunia