Pengertian & Fungsi Idle Speed Control ( ISC ) Valve

Pengertian & Fungsi Idle Speed Control ( ISC ) Valve -  Berfungsi untuk mengatur volume udara yang masuk kemesin saat idle, langsam atau putaran mesin tanpa beban, dengan cara bypass katup gas atau throtle valve dalam kondisi tertutup.


Speed Control ( ISC ) Valve


Idle speed control difungsikan untuk mengatur besarnya udara yang diberikanpadasaatputaran idle. Idle speed control dipasangkan pada sisi bagian bawah throttle chamber. ECU hanya mengoperasikan katup ISC untukmembuat idle-up dan memberikan umpan balik untuk mencapai target putaran idling.
Beberapa fungsi Idle Speed Control ( ISC ) valve antara lain adalah:

•    Warming UP mesin kondisi dingin, ketika pagi-pagi saat mesin dinyalakan langsam naik hingga 2000 rpm misalnya, ISC valve membuka lebih lebar dan bekerjanya  dikontrololehECU yang mendapatkan sinyal dari water temperatur sensor atau sensor temperatur air pendingin.
•    Idle Up saat AC mobildinyalakan
•    Idle Up saatbebanelektrikalbertambahcontohnyalalampubesarataupemanaskacabelakang
•    Idle Up karenabebantransmisiotomatis
•    Idle up di fungsikanuntukmenjagaputaranmesintetapstabil, ketika ac mobildinyalakan  saementarajika idle up tidakbekerjamesinakanbergetarkarenabebanmesinbertambahuntukmemutarkompressor ac



Engine ECU ( Elektronic Control Unit ) bekerja untuk mengontrol kerja ISC valve dengan input sinyal berasaldari berbagai sensor.


Tag : otomotif, teknik
Back To Top