Cara Pasang Google Adsense For Search di Blog

Cara Pasang Google Adsense For Search di Blog- Google Adsense For Search adalah salah satu peluang cara monetasi blog berbahasa Indonesia. Salah satu produk google adsense ini akan menampilkan iklan-iklan di dalam hasil pencarian dengan menggunakan mesin pencari Google. Dengan cara ini cukup menguntungkan karena kita akan mendapat komisi untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung pada hasil pencarian di blog kita maupun di situs atau blog lain asalkan melalui form pencarian di blog kita. Besar komisi tergantung kesesuaian dengan kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian.



Untuk mendapatkan peluang dengan cara ini kita terlebih dulu harus memiliki akun google adsense. Untuk pendaftaran di google adsense, silakan masuk ke http://www.google.com/adsense. Bila sudah memiliki akun google adsense, langkah selanjutnya adalah memasang google adsense for search ini di blog kita. Ada 2 elemen yang perlu kita pasang di blog kita, yaitu form pencarian yang bisa berupa widget yang sebaiknya ditempatkan di halaman utama blog kita dan halaman hasil pencarian yang sebaiknya kita tempatkan di halaman tersendiri di blog kita (meskipun ada pilihan menempatkannya di luar blog kita). Berikut adalah langkah-langkah memasang form pencarian dan halaman hasil pencarian:

Cara Mendapatkan Kode Google Adsense For Search
Login ke
  1. Google Adsense dan atur pilihan ke bahasa Indonesia.
  2. Klik menu tab Konfigurasi Adsense >> Dapatkan Iklan
  3. Klik Adsense Untuk Pencarian
  4. Pada bagian Adsense untuk Pencarian >> Jenis Pencarian, pilih Hanya situs yang saya pilih bila kita hanya ingin pencarian dilakukan di blog tertentu atau Semua Web bila kita ingin pencarian dilakukan di seluruh website dan blog. Sebaiknya pilih Hanya situs yang saya pilih
  5. Tuliskan alamat URL blog kita pada bagian Situs Terpilih, misalkan http://doyock-online.blogspot.com/. Tambahkan blog atau situs lain bila kita ingin pencarian juga dilakukan di blog tersebut.
  6. Masukkan kata kata kunci yang sesuai isi blog kita pada bagianKata Kunci Optional. Gunakan spasi untuk memisahkan kata kata kunci. Sebaiknya gunakan tambahan kata dalam Bahasa Inggris.
  7. Klik Lanjut dan akan tampil halaman untuk mengatur tampilan form pencarian dan tombolnya. Silakan pilih tampilan sesuai tampilan blog kita atau sesuai yang kita inginkan. Panjang karakter bisa diubah kemudian.
  8. Klik Lanjut dan akan tampil halaman untuk mengatur tampilan halaman hasil pencarian. Pada bagian Pembukaan Halaman Pencarian, silakan pilih Buka Hasil di Situs Saya Sendiri, agar hasil pencarian tetap berada di blog kita. Masukkan URL dimana halaman tersebut nantinya akan kita buat. . URL ini yang akan kita gunakan sebagai permalink halaman baru yang kita buat.
  9. Pilih lokasi iklan yang akan tampil pada halaman hasil pencarian sesuai keinginan kita. Lokasi bisa di atas dan kanan hasil pencarian, di atas dan bawah, atau bisa juga di kanan saja. Sebaiknya pilih atas dan kanan, bila tema blog anda cukup lebar.
  10. Pilih warna teks iklan dan hasil pencarian yang diinginkan lalu klik Lanjut
  11. Contreng pada kotak persetujuan persyaratan dan beri nama kode adsense for search ini, .
  12. Klik Kirim dan Dapatkan Kode dan akan tampil halaman berisi kode form pencarian dan kode untuk hasil pencarian.

Cara Memasang form pencarian Google Adsense For Search
  1. Login ke dashboard blog kita.
  2. Klik Appereance >> Widget bila kita ingin memasang form pencarian adsense for search ini di sidebar.
  3. Plih widget berupa Text dan letakkan di lokasi sidebar yang diinginkan.
  4. Copas kode HTML dan script untuk form pencarian yang sudah didapatkan sebelumnya di widget text tersebut.
  5. Klik Save dan cek hasil tampilan form pencarian.
  6. Atur lebar form pencarian dengan mengubah jumlah karakter di bagian form pencarian, yaitu bagian text

Semoga bermanfaat.
Tag : blogging, widget
Back To Top