Pengertian Camber Tool

Pengertian Camber Tool adalah alat untuk mengukur kemiringan roda depan terhadap arah vertikal kendaraan jika dipandang dari depan. Kalau misalnya roda pada kendaraan terjadi kondisi bagian atas roda masuk ke dalam bodi mobil, berarti mobil tersebut memiliki chamber negatif.Sebaliknya jika roda pada bagian atas keluar dari bodi, maka disebut camber positif.









Ukuran camber ini menentukan kestabilan pengendaraan. Camber positif yang cukup besar akan menyebabkan kendaraan cenderung tidak stabil ketika dijalan lurus, namun mudah belok ketika ditikungan (over steer). Sedangkan kalau cambernya negatif, mobil akan cenderung stabil di jalan lurus, tetapi agak sulit dibelokkan (under steer).

Camber Tool
Cara menggunakan alat ini sangat sederhana, yaitu menempatkan kendaraan ditempat yang rata.Pasang alat pada poros roda dan bacalah hasil dari pengukuran.Untuk menyesuaikan dengan ukuran yang diinginkan, stel sesuai dengan sistem suspensinya.Ada kendaraan yang menggunakan shim (plat tipis) yang dipasang pada bagian atas (upper arm) untuk melakukan penyetelah camber.Ada juga yang mengubah posisi nok pada bagian bawah (lower arm) untuk menyetel camber. njh
Tag : otomotif, teknik
Back To Top